Konfigurasi VS Code ala @yuxxeun

Konfigurasi VS Code ala @yuxxeun

Karena konfigurasi VS Code by default kinda suck i guess.

·

2 min read

Sebagai seorang yang suka menulis s̶u̶r̶a̶t̶ ̶c̶i̶n̶t̶a̶ kode, gue rasa text editor adalah salah satu "alat tempur" yang wajib dipasang di perangkat kita.

Dan apa yang terjadi jika alat tempur yang kita pakai ini terlihat "kurang bersih" (setidaknya di mata gue)?

Karena itulah kesan pertama yang gue dapatkan ketika membuka si Visual Studio Code ini, kita singkat VS Code aja kali ya biar ga ribet haha. Berangkat dari hal tersebut gue akhirnya mencoba melakukan sedikit perubahan.

Tema

Perubahan gue mulai dari tema dulu ya, tema yang gue pakai per ~1 Agustus 2021 adalah Pink-Cat-Boo buatannya Fiona Fan, alasan khusus gue memilih tema buatan doi adalah... ga ada sih, suka aja sama kombinasi warna yang dipakai. Selain tema tersebut gue juga pakai tema yang namanya Dracula, biar gonta-ganti gitu kan jadi ga bosen. Dan untuk tema ini menurut gue optional yah, lo bisa pakai tema apapun yang lo inginkan.

Font

Sekarang pindah ke font, font di sini bisa dibilang berkontribusi cukup besar, ya karena kegiatan kita berurusan dengan tulisan.

Maka dari itu, kalau fontnya membosankan gue kira kegiatan menulis kode akan terasa lebih membosankan.

Jenis font yang gue pakai yaitu Fira Code, kalo lo mau pakai juga bisa lo unduh di sini, seperti halnya tema gue juga punya "cadangan" kalo dirasa bosan dengan si fira code, font cadangan tersebut gue pakai JetBrainsMono.

Ikon

Ikon yang gue pakai yaitu Viking Icon Theme, alasannya sendiri ya.. why not?

Setting

Oke, sekarang masuk ke setting (ctrl + ,), perubahan yang gue lakukan di sini lumayan banyak dan ini juga yang membuat VS Code gue terlihat lebih "bersih".

  • Line Height: 29
  • Auto Save: onWindowChange
  • Breadcrumbs: disable
  • Match Brackets: never
  • Render Line Highlight: none
  • Render Indent Guides: uncheck
  • Occurrences Highlight: uncheck
  • Minimap: disable

Hasilnya kira-kira seperti ini:

result.PNG

Ya terlihat lebih bersih lah ya daripada yang disajikan oleh VS Code by default.